Pesona Coban Danyang Di Balik Kisah Mistisnya

Melancong.id - Desa tempuran yang berada di kecamatan pasrepan kabupaten pasuruan akhir-akhi ini menjadi tujuan para pecinta fotografi lanskap di karenakan terdapat OWA ( Objek Wisata Alam ) baru yaitu Coban Danyang.

Desa tersebut berada di lereng gunung bromo. berada di ketinggian sekitar 588 meter di atas permukaan laut (mdpl ), potensi alamnya cukup banyak salah satunya Coban Danyang.

Untuk lokasinya tak begitu sulit ditemukan. yakni melewati kampung yang berada di tepat sisi barat kantor pemerintah desa setempat namun yang disayangkan ialah kondisi jalan belum begitu baik. Meski jalannya terjal namun masih bisa di lintasi kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Untuk sampai kelokasi coban danyang , para traveller harus menuruni tebing yang tidak begitu curam. Sampai dasar akan tergambar jelas sebuah bebatuan besar yang licin. sementara itu airnya jernih tak hentinya. Namun di balik keindahan yang disajikan keberadaan coban danyang di kawasan tersebut menyimpan berbagai kisah mistis. Mungkin hal itu yang menyebabkan kawasan ini jarang di kunjungi oleh pengunjung.

Nama Coban Donyang itu sendiri berasal dari coban yang dalam bahasa setempat yang artinya air terjun dan Donyang adalah nama pendek dari aliran sungai yang membelah bukit desa setempat warga sekitar menyebut "kali pendanyangan"

konon dahulu sungai ini di huni oleh dua danyang yakni "mbok rondo dewi dan mbok rondo kepor" namun dengan seiring berjalannya waktu cerita ini hanya menjadi mitos. Coban danyang pun mulai banyak di minati pengunjung. bukan hanya warga sekitar namun juga dari warga di luar kota.

Lokasi Coban Danyang



Author:

MELANCONG.ID Adalah Sebuah blog yang menyediakan pengetahuan seputar dunia traveling dan berbagi destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan.